06 September 2018
Program Magang McDonald’s
McDonald’s Luncurkan Program Magang untuk Masyarakat Indonesia
Jakarta, 6 September – Menurut Badan Pusat Statistik Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2016 sebesar 5,50 persen atau sebanyak 7,02 juta orang di tahun 2016. Melihat hal tersebut, McDonald’s Indonesia meluncurkan program baru untuk masyarakat Indonesia terutama anak-anak muda untuk mengembangkan diri dengan belajar sambil bekerja yaitu melalui Program Magang McDonald’s. Program ini memberikan kesempatan kepada para pemuda Indonesia untuk dapat merasakan bagaimana suasana bekerja secara profesional di sebuah perusahaan multinasional. Peluncuran Program Magang McDonald’s dilakukan secara resmi pada hari ini oleh Direktur Sumber Daya Manusia McDonald’s Indonesia Yulianti Hadena bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Jakarta Pusat Drs. Priyono, M.Si, dan Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) DKI Jakarta Novita Lubis.
“Kami berharap Program Magang McDonald’s ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, memberi pelatihan untuk mencapai kompetensi sesuai dengan standar perusahaan, membentuk karakter yang positif dan perilaku mandiri, manambah wawasan, membentuk jiwa enterpreunership dengan mengadopsi sistem McDonald’s, serta mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia,” ujar Yulianti Hadena, Direktur Sumber Daya Manusia McDonald’s Indonesia.
Dalam hal perekrutan peserta, McDonalds Indonesia bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Jakarta Pusat dan FKJP. Selain itu setiap restoran manajer pun dapat melakukan perekrutan secara langsung melalui komunitas restoran setempat. Kriteria untuk dapat mengikuti program adalah: telah lulus SMA atau sederajat, usia 17-23 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan telah lulus proses seleksi berupa wawancara dan On Job Experience (OJE) atau latihan bekerja di restoran McDonald’s selama satu hari.
Program Magang McDonald’s ini memiliki 3 level berdasarkan durasi magang, yaitu Basic (3 bulan), Intermediete (3-6 bulan), serta Advance (6-12 bulan). Kurikulum yang digunakan berbasis 120 jam per bulan, dengan durasi kerja 8 jam perhari selama 15 hari kerja sebulan dengan maksud untuk mencapai kompetensi yang ditargetkan di setiap level. Setiap peserta program berhak mendapatkan kompensasi berupa sertifikat, uang saku, makanan, asuransi, seragam, serta akan dilibatkan dalam aktivitas-aktivitas engagement rutin para crew McDonald’s seperti crew outing, crew family night, dan kontes-kontes lainnya yang secara rutin dilakukan oleh McDonald’s Indonesia. Untuk saat ini, program ini baru dilakukan di restoran-restoran McDonald’s di wilayah Jabodetabek. Dengan diadakannya program ini McDonald’s Indonesia berharap untuk dapat terus berkontribusi untuk Indonesia.
Tentang McDonald’s Indonesia
Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran sebanyak 170 yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.mcdonalds.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonalds_ID
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Email : press@id.mcd.com