16 September 2014
McDonald’s dan Yayasan Ronald McDonald House Charities Luncurkan Kampanye “Stripes for Love” Untuk Membantu Pasien Anak-anak
Jakarta, 16 September 2014 – McDonald’s Indonesia dan Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) meluncurkan sebuah kampanye yang dinamakan “Stripes for Love”. Kampanye ini dimulai pada 12 September 2014 hingga 15 Oktober 2014 dan bertujuan untuk meringankan beban anak-anak yang tengah menderita sakit, yang selama ini menjadi perhatian YRMHC.
“Stripes for Love” merupakan bagian dari kampanye sosial global untuk RMHC yang diselenggarakan oleh McDonald’s bersama RMHC di seluruh dunia untuk memperingati 40 tahun berdirinya RMHC yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2014. Meskipun bertujuan sama untuk kesejahteraan dan kesehatan anak-anak di seluruh dunia, serta memiliki kesamaan tema, yaitu “Stripes”, yang diinspirasi dari garis merah dan putih ciri khas Ronald McDonald, namun setiap negara dapat melakukan kampanye dengan cara sendiri. Di Indonesia, tema yang dipilih adalah “Stripes for Love”.
Kampanye “Stripes for Love” di Indonesia didasari oleh filosofi bahwa anak-anak yang sedang sakit sering kali kehilangan masa kecilnya karena berada di rumah sakit cukup lama. Meskipun garis kehidupan mereka berlanjut dengan pengobatan, namun ada bagian dari hidup mereka yang perlu dilengkapi. “Karena itu, YRMHC berupaya untuk melengkapi bagian itu dengan cinta. Karena pada saat kita memberi Cinta (Love), Kebahagiaan (Joy) akan hadir dalam hidup mereka. Harapan (Hope) akan tumbuh dan Senyum (Smile) akan kembali menghiasi wajah mereka,” ujar Caroline Djajadiningrat, Ketua YRMHC.
Keempat kata ini (Love, Joy, Hope dan Smile) kemudian melengkapi garis merah yang mendasari keseluruhan kampanye “Stripes of Love” ini. Pola garis merah ini digambar langsung oleh para pasien anak di Family Room YRMHC sebagai simbol garis kehidupan mereka.
“Anak-anak telah lama menjadi fokus perhatian McDonald’s. Berbagai kegiatan yang melibatkan dan ditujukan bagi anak-anak telah banyak kami lakukan demi mewujudkan komitmen McDonald’s bagi kesejahteraan, kebahagiaan dan kesehatan anak-anak. Salah satunya adalah dengan mendukung sepenuhnya YRMHC yang fokusnya adalah kesehatan anak-anak. Kampanye ini adalah satu perwujudan dukungan McDonald’s terhadap YRMHC tersebut,” Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia menjelaskan.
Berbagai program dilakukan untuk mendukung kampanye ini. Yang pertama adalah T-Shirt “Stripes for Love”. T-Shirt ini didisain menggunakan pola garis merah “Stripes for Love” dengan 4 alternatif tulisan: Love, Joy, Hope dan Smile, masing-masing dalam 2 warna: merah dan putih. T-Shirt seharga Rp 50,000 (belum termasuk pajak) ini sudah mulai tersedia pada 12 September 2014 di seluruh restoran McDonald’s. Konsumen yang datang ke restoran McDonald’s mana pun dengan menggunakan T-Shirt ini pada tanggal 15 Oktober 2014 akan mendapatkan Strawberry Sundae gratis dengan pembelian Paket Hemat yang mana saja.
Selain T-Shirt, juga ada “Love Bear”, yaitu boneka Teddy Bear berwarna putih yang dapat dihias atau digambar. “Love Bear” ini dijual seharga Rp 68.182 berikut spidol berwarna merah yang menyertainya. Diharapkan konsumen yang sudah membeli akan mengajak putra-putrinya menghias “Love Bear” dan mengembalikannya, karena seluruh boneka yang sudah dihias akan diberikan kepada pasien anak-anak di Family Room dan Ronald McDonald House untuk memberi semangat kepada teman mereka yang sedang sakit. Tidak seperti T-Shirt “Stripes for Love”, “Love Bear” hanya tersedia di restoran McDonald’s Artha Gading, Sarinah dan Kemang mulai tanggal 22 September hingga 10 Oktober 2014.
Seluruh hasil penjualan T-Shirt dan Love Bear ini akan disumbangkan kepada YRMHC untuk melaksanakan program-programnya dan membantu lebih banyak anak yang sakit. YRMHC memiliki 3 program, yaitu mobil klinik Ronald McDonald Mobile Care, Family Room serta Ronald McDonald House yang saat ini tengah dibangun dan diperkirakan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Hingga saat ini, YRMHC telah memiliki 2 Mobile Care dan satu Family Room yang berada di Departemen Radioterapi RSUPN Cipto Mangunkusumo. Sejak beroperasi pada tahun 2012, jumlah pasien anak-anak beserta ibu atau ayahnya yang berkunjung ke Family Room RMHC sudah mencapai lebih dari 1.800 keluarga.
Untuk mendukung kampanye ini, McDonald’s dan YRMHC juga membuat sebuah microsite khusus yang dapat diakses melalui www.stripesforlove.com. Microsite ini berisi semua informasi mengenai “Stripes for Love”. Selain itu, masyarakat juga dapat menunjukkan kepedulian mereka kepada anak-anak yang tengah sakit dengan menuliskan pesan di halaman yang disediakan khusus di microsite ini.
“Pesan yang ingin kami sampaikan melalui program ini adalah membangkitkan kesadaran dan rasa peduli masyarakat kepada anak-anak yang sedang sakit, bahwa mereka membutuhkan kasih sayang dari kita semua. Dengan membeli T-Shirt, “Love Bear” atau berkunjung ke microsite “Stripes for Love”, masyarakat sudah turut memberi cinta, kebahagiaan, harapan dan senyum kepada mereka,” ujar Caroline Djajadiningrat lagi.
Sekilas tentang PT Rekso Nasional Food
PT Rekso Nasional Food (RNF) adalah anak perusahaan dari Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food telah menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.
Rekso Nasional Food adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen PT Rekso Nasional Food berencana untuk membuka sejumlah restoran baru dalam kurun waktu lima tahun. RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia.
Sekilas tentang Yayasan Ronald McDonald House Charities
Yayasan Ronald McDonald’s House Charities (YRMHC) adalah lembaga nirlaba yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2011 dan memiliki manajemen terpisah (independen) dari McDonald’s Indonesia. Yayasan ini menaruh perhatian pada masalah kesehatan dan perbaikan kualitas hidup anak Indonesia.
Tujuan utama YRMHC adalah memberikan akses kepada generasi penerus bangsa untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup mereka. Secara keseluruhan, program-program yang diimplementasikan YRMHC merupakan program inti dari RMHC Global.
Program-program tersebut adalah Ronald McDonald Care Mobile, dalam periode 3 hingga 5 tahun ke depan, difokuskan kepada pemberian bantuan imunisasi dan program-program lain yang berkaitan dengan kesehatan anak-anak. Ronald McDonald Family Room berlokasi di Departemen Radioterapi RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta , adalah ruang yang nyaman bagi para orang tua dan pasien anak-anak dalam menjalani perawatannya. Ruangan ini memiliki tempat baca, pojok bermain, area wi-fi, serta adanya aktivitas aneka kreasi rutin bersama koordinator sehingga diharapkan dapat membantu proses penyembuhan mereka. Ronald McDonald House, yaitu rumah singgah sementara bagi keluarga pasien anak penyakit kritis yang yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit. Di rumah singgah ini, mereka dapat tinggal hampir secara cuma-cuma. Tujuannya agar keluarga dapat terus bersama-sama dan para orang tua pasien anak dapat lebih fokus pada pengobatan putra atau putri mereka. Ronald McDonald House saat ini sedang dalam tahap pembangunan, dan diharapkan dapat mulai beroperasi pada akhir tahun 2014.
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Email : press@id.mcd.com